Laptop Tiba-tiba Mati? Ini Penyebab dan Solusinya

Pernahkah anda mengalami yang namanya laptop tiba-tiba mati? Kalo iya pastinya kamu was-was dan panik karena tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Laptop tiba-tiba mati


Laptop memang menjadi alat primer jika kamu seorang mahasiswa , jurnalis atau bahkan blogger, terkadang laptop juga bisa lelah dalam melakukan hal-hal yang setiap hari kamu kerjakan.

Masalah


Nah, pada dasarnya permasalahan yang mengakibatkan laptop tiba-tiba mati sendiri ada 6 hal :


1 . Panas
2 . Baterai bermasalah
3 . Charger rusak
4 . Adanya konslet
5 . Komponen yang rusak
6 . Chipset


Dari beberapa faktor diatas kita bisa mencoba memperbaiki laptop yang mati tersebut, bagi yang belum bisa mengecek permasalahan tersebut akan saya jelaskan caranya.


Cara memperbaiki


1 . Laptop panas


Pada sebuah perangkat komputer tertanam komponen untuk melindungi chipset, jika terjadi panas komponen tersebut akan otomatis mematikan sistem .


Laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh bisa terjadi akibat chipset terlalu panas, kenapa chipset bisa panas? Mungkin salah satu faktor adalah kipas yang rusak.


Hal ini sangat fatal , kipas berfungsi untuk membuang panas dari chipset, biasanya kipas rusak akibat debu yang masuk ke kipas dan tak pernah dibersihkan.


Debu yang masuk membuat kinerja kipas berat , akibatnya kipas cepat rusak , cobalah untuk mengecek kipas terlebih dahulu dan bersihkan.


Faktor lain yang menyebabkan laptop cepat panas adalah kurangnya pasta prosessor, coba tambahkan pasta prosessor karena dapat menyerap panas lebih efektif dan memperpanjang umur prosesor anda.


2 . Baterai bermasalah

Laptop tiba-tiba mati padahal baterai penuh


Baterai merupakan komponen sumber tenaga pada laptop , sering kali baterai yang sudah drop menunjukan indikator yang cepat berkurang akan tetapi ada suatu permasalahan lain.


Yaitu laptop dalam kondisi dicas kemudian mati sendiri, biasanya terjadi karena baterai yang sudah rusak parah jadi tidak menunjukan indikator baterai lemah dan sebagainya, pokoknya langsung mati.


Tapi jangan buru-buru mengganti baterai ,coba lepas baterai dan colokan laptop ke cas jika bisa berfungsi dengan baik baru ganti baterai laptopnya.


3 . Charger rusak


Jika anda menggunakan laptop tanpa baterai dan tiba-tiba laptop mati sendiri kemungkina itu terjadi karena charger yang rusak cobalah ganti charger yang lain.


4 . Komponen yang rusak


Jika ada komponen yang rusak kemungkinan komponen tersebut adalah “Nectokin”, karena biasanya inilah yang menyebabkan laptop tiba-tiba mati.

Walaupun komponen ini murah tapi jika di tangan tukang service harga pasangnya bisa selangit.


5 . Chipset

Laptop tiba-tiba mati sendiri


Komponen ini berupa IC yang pengaruhnya sangat besar untuk laptop, mungkin chipset anda sudah usang sehingga menyebabkan laptop tiba-tiba mati.


Faktor lain yang mempengaruhi adalah debu yang menempel pada chipset, guncangan atau mungkin laptop anda sering tertekan saat anda memakainnya.


6 . Adanya konslet


Salah satu masalah yang sangat fatal adalah adanya konsleting pada laptop sehingga menyebabkan laptop tiba-tiba mati sendiri.


Jika masalah ini terjadi maka biasanya akan tercium bau komponen yang konslet, untuk mengatasinya cepat-cepat copot baterainya .


Tapi kalau tanpa ada tanda-tanda konsleting kemudian laptop anda langsung mati , tetap copot baterai anda untuk mencegah merembet ke komponen lain.Solusinya jika masih awam cobalah ke tukang service terdekat.


Demikianlah cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati , semoga bisa membantu anda mengatasi masalah tersebut.


Semoga bermanfaat;)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *