Cara Merawat Burung Hantu Agar Cepat Jinak

Cara merawat burung hantu

Burung Hantu, dikelompokan menjadi anggota ordo Strigiformes, burung ini adalah jenis burung buas karena makanannya adalah daging (karnivora), burung ini juga termasuk hewan Nocturnal artinya beraktifitas dimalam hari.

Telah ditemukan 222 spesies dari burung hantu yang menyebar diseluruh dunia kecuali Antartika dan paling banyak di Greenland , bahkan beberapa pulau terpencil.


Di negara bagian barat burung ini disebut sebagai simbol kebijaksanaan akan tetapi di Indonesia sendiri beberapa daerah menyebut burung ini sebagai pertanda maut makanya dinamakan Burung Hantu.

Terkecuali di pulau jawa karena orang jawa menamakan burung ini dengan sebutan manuk darès.


Jika sobat baru memelihara burung ini atau malah baru ingin mencoba memeliharanya, ada beberapa jenis burung hantu yang bisa anda coba pelihara .


Jenis-jenis burung hantu peliharaan :


Burung Hantu Celepuk
• Burung Hantu Tyto Alba
• Burung Hantu Bubo
• Burung Hantu Salju Putih
• Burung Hantu Beluk Ketupa – Buffy Fish


Jenis burung diatas mudah dijinakan, anda bisa mencarinya ditoko burung atau bisa beli di online, untuk harganya sendiri antara rp.70000 sampai rp.1000.000 .


Dan untuk cara merawat burung hantu cukup mudah, walaupun hewan ini beraktifitas dimalam hari anda bisa melakukan perawatan di pagi hari.


Cara merawat burung hantu agar cepat jinak meliputi :

Kurang lebih ada 5 step cara diatas untuk memelihara burung hantu agar cepat jinak, untuk penjelasannya bisa kita bahas 1 per 1 antara lain , yaitu Sediakan peralatan untuk burung hantu seperti Perch (tempat pijakan burung hantu) .


Anda bisa membuatnya dari pipa paralon atau bahkan batang kayu, jangan lupan agar burung mudah berpijak sebaiknya pipa paralon di beri gulungan tali .Untuk Glovenya sendiri anda bisa beli sarung tangan ditoko.


Untuk tips ke dua yaitu mandikan burung dipagi hari , usahakan antara jam 7-8 pagi , gunakan semprotan burung yang umumnya dipakai para pemelihara burung , atur semprotan stel yang paling halus agar tidak merusak bulu burung.Gunakan juga sampo anti kutu.


Usahakan berinteraksi dengan burung hantu peliharaan anda, dengan cara memberi pakan menggunakan tangan tapi hati-hati tergigit.Potonglah kecil-kecil bagian daging agar bisa berinteraksi lebih lama dengan burung.


Berikan nama panggilan untuk burung, dan coba jauhkan burung sekitar 1 – 3 meter dari jangkauan anda, penggil burung tersebut jangan lupa sambil memegang makanan burung, lakukan berulang – ulang agar burung hantu cepat jinak.


Nah , coba anda praktekan cara diatas setiap hari kemungkinan besar burung hantu akan cepat jinak, untuk tips ke 5 sendiri yaitu jangan pernah membuat burung beraktifitas bukan pada waktunya, hal ini akan menyebabkan burung hantu stres karena burung hantu sendiri beraktifitas dimalam hari, usahakan saat melatihnya pun dimalam hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *